Panduan Lengkap Registrasi Kartu Prabayar Semua Operator

Posted on

Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah mewajibkan bagi pengguna operator seluler prabayar untuk melakukan registrasi bagi kartu SIM prabayar baik lama maupun baru untuk semua operator (Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri) mulai tanggal 31 Oktober 2017 sampai dengan 8 Februari 2018. Registrasi kartu prabayar dapat dilakukan beserta cara online melalui website resmi maupun melalui SMS di 4444.

Menurut Kemenkoinfo, jika sampai tanggal yang ditentukan tersebut pengguna belum melakukan registrasi maka akan diberi waktu 15 hari perpanjangan. Bila pengguna masih belum juga melakukan registrasi ulang, maka kartu prabayar akan diblokir untuk melakukan panggilan dan pengiriman SMS keluar.

Bila dari batas 15 hari berikutnya kartu prabayar masih belum juga didaftarkan maka kartu prabayar akan diblokir dan pengguna tidak bisa melakukan pengiriman keluar maupun mengirim SMS keluar. Dan selanjutnya, akan diblokir seluruh fiturnya, termasuk fitur internet.

Sanksi Tidak Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar

Menurut Kemenkominfo, bagi pengguna yang tidak melakukan registrasi nomor SIM card baru (perdana) yang biasa dibeli di toko retail, maka nomornya akan tidak aktif. Aturan ini berlaku mulai 31 Oktober 2017. Sementara untuk nomor lama yang bukan merupakan diregistrasi ulang, risiko atau sanksi yang akan diterima pengguna adalah sebagai berikut:

 

  • Apabila tidak juga melakukan registrasi Kembali hingga 28 Februari 2018, akan diberikan tenggang waktu sampai 30 hari
  • Apabila di masa tenggang 30 hari itu tidak juga melakukan registrasi ulang, dilakukan pemblokiran terhadap layanan telepon/SMS keluar pada hari ke-30
  • Apabila tidak juga registrasi ulang sampai 15 hari berikutnya, dilakukan pemblokiran terhadap layanan telepon/SMS masuk
  • Dan apabila tidak juga melakukan registrasi ulang dalam 15 hari berikutnya, maka akan dilakukan pemblokiran layanan internet atau nomor diblokir total

Registrasi Kartu Prabayar Melalui Website Web Resmi Operator

Registrasi Kartu Prabayar dapat dikerjakan secara online melalui website resmi operator dengan mengklik URL dari iperator resmi  berikut:

Telkomsel
Untuk slip SIM prabayar Telkomsel (Telkomsel, Loop, Simpati dan AS) dapat mengunjungi situs berikut: https://mobi.telkomsel.com/ulang?ch=WEB

Caranya: isikan No handphone, NIK KTP, No Kartu Keluarga dan kode otentikasi yang akan dikirimkan oleh teknisi melalui SMS. Lalu klik “kirim”

XL
Pelanggan Xl (Xl atau Axis) dapat melakukan registrasi melalui website – website resmi di https://registrasi.xl.co.id/ulang

Langkah-langkah:

1. Memasukkan nomor handphone kartu prabayar yang anda miliki
2. Pengguna nantinya akan dikirimi kode otentifikasi untuk melakukan verifikasi data yang dikirim operator XL dengan perantara SMS
3. Memasukkan kode verifikasi
4. Mengisi keterangan Nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga

Indosat Ooredoo

Pengguna kartu pra borong Indosat Ooredoo (Indosat serta IM3) dapat melakukan registrasi melalui: https://mycare.indosatooredoo.com/registration

Langkah-langkah:

1. Masukkan nomor NIK ataupun Nomor e-KTP
2. Kemudian masukkan nomor Kartu Keluarga
3. Klik tanda kotak “I’am not a robot” untuk melakukan verifikasi captcha
4. Klik “periksa” jika data yang dimasukkan sudah betul.

Tri

Pelanggan Tri dapat melakukan registrasi kartu pertama atau lama dengan menjumpai situs https://registrasi.tri.co.id/

Langkah-langkah:

Pilih opsi sesuai kebutuhan yang dimiliki pengguna. “Registrasi Calon Pelanggan” untuk kartu baru dan “Registrasi Ulang” untuk kartu lama.

Registrasi untuk kartu Tri baru

1. Masukan nomor Tri Prabayar baru yang akan diregristrasikan
2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan sesuai e-KTP
3. Masukkan Nomor Kartu Keluarga
4. Masukkan angka terakhir dari nomor seri (ICCID) yang tertera di belakang kartu SIM/USIM yang akan diregistrasikan
4. Klik kotak “Iam not a robot” untuk verifikasi captcha
5. Klik “kirim” jika data yang dimasukkan sudah benar.

Registrasi Ulang Kartu Tri Prabayar Lama

1. Masukan nomor Tri yang akan diregristrasikan
2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan sesuai e-KTP
3. Masukan Nomor Kartu Keluarga
4. Masukkan kode rahasia yang dikirimkan operator Tri ke Handphone pengguna
5. Masukkan 4 angka terakhir dari nomor seri (ICCID) yang tertera di belakang kartu SIM/USIM yang akan diregistrasikan.
6. Klik “kirim” jika data yang dimasukkan telah benar.

Registrasi Kartu Prabayar Melalui SMS ke 4444

Bagi pengguna kartu Prabayar lama, format SMS yang berlaku untuk seluruh operator:

· Indosat: ULANG#NIK#NomorKK# Kirim ke 4444
· Smartfren: ULANG#NIK#NomorKK# Kirim ke 4444
· Tri: ULANG#NIK#NomorKK# Kirim di 4444
· XL: ULANG#NIK#NomorKK Membawa ke 4444
· Telkomsel: ULANGNIK#NomorKK# Kirim ke 4444

Sementara untuk pengguna kartu Prabayar Baru:

-Indosat, Smartfren, dan Tri ketik: NIK#Nomor KK membawa ke 4444.

-XL Axiata (XL dan Axis) ketik: DAFTAR#NIK#Nomor KK dan kirim ke 4444.

-Telkomsel dengan mengetik: REG#NIK#Nomor KK kemudian kirim ke 4444.

Contoh:

REGNIK#Nomor KK# lalu membawa ke 4444

REG 1234567890123456#320106041130027# kirim ke 4444

REGISTRASI KARTU BAGI WNA

Peraturan untuk registrasi nomor kartu prabayar baru dan registrasi nomor SIM card lama juga berlaku pula bagi Warga Negeri Asing (WNA). Kendati demikian, mereka menggunakan identitas dari paspor, Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) dan / Kartu Izin Tinggal Selama (KITAS).

REGISTRASI KARTU UNTUK YANG BELUM MEMILIKI KTP

Yang menjadi persoalan kemudian kalau pemegang E-KTP di Nusantara adalah warga negara yang berusia 17 tahun. Rata-rata remaja dan bahkan anak-anak kecil di zaman sekarang ini pun sudah banyak yang memiliki ponsel untuk berkomunikasi. Oleh karena itu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam satu rilisnya menjelaskan terkait masalah tersebut.

Menurut Kemenkominfo, anak-anak dan remaja yang belum memiliki KTP bisa tetap melakukan registrasi kartu prabayar dengan menggunakan nomor NIK yang tertera didalam kartu keluarga. Nomor NIK tercantum dalam KK dan itu bisa dimanfaatkan untuk proses registrasi SIM card baik nomor prabayar baru atau registrasi kembali. Kemenkominfo juga menekankan supaya proses registrasi dibantu oleh orangtua sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Publikasi NIK pada KK tersedia di samping kolom Nomor Kartu Keluarga terdaftar. Sementara publikasi KK tertulis pada potongan atas tepat di Tajuk tulisan “Kartu Keluarga. ” Dengan demikian, mereka yang belum berusia 17 tahun atau belum memiliki E-KTP bisa menggunakan data daripada KK saja untuk melakukan registrasi kartu SIM sampai 28 Februari 2018.

Perlu diingat bahwa ada akibat dan sanksi yang harus diterima bila tak mencatatkan nomor prabayar SIM card yang dimiliki melebihi waktu yang ditetapkan, mulai dari pemblokiran layanan telepon/SMS dan internet dengan bertahap hingga nomor diblok total.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *