Panduan lengkap memilih microSD sesuai kebutuhan

Posted on

Pada umumnya vendor dari pembuat smartphone biasanya menyematkan memori internal smartphone Android dengan kapasitas minimal 16 GB sebagai standar smartphone android saat ini. Bagi sebagian orang kapasitas tersebut masih terasa terbilang kecil. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menambah kapasitas memory smartphone dengan membeli microSD . yang menjadi pertanyaan adalah, gimana cara memilih microSD smartphone Android yang tepat untuk kamu?

Berikut ini merupakan rekomendasi yang bisa kamu dapatkan dalam memilih microSD yang sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Tapi sebelum itu, berhati-hatilah ketika saat membeli kartu memori atau MicroSD. Selain ada banyaknya MicroSD palsu, jika kamu salah membeli MicroSD dampaknya anda akan rugi uang dan resiko data hilang. agar tidak rugi, kamu harus jeli dalam memilih MicroSD yang diperlukan.

1. Bahaya Jika Salah Memilih MicroSD

Jika engkau cela memilih microSD dengan mengambil microSD palsu tentunya tersedia beberapa resiko yang dapat kamu dapatkan. Antaralain adalah resiko kehilangan data hukuman rusaknya microSD yang kamu miliki. Selain tersebut microSD palsu juga memiliki kapasitas penyimpanan lebih kecil & label pada bagian luarnya tidak sesuai secara isi di dalamnya. microSD gadungan juga tidak dapat dalam klaim garansinya ke saudagar terkait.

2. Ketahui spesifikasinya

Jika kamu belum tau, sebenarnya ada 3 macam jenis microSD dipasaran yang harus kamu ketahui sebelum membelinya. berikut ini merupakan jenis-jenis beserta penjelasannya:

  • SDSC atau SD (Secure Digtial Standard Capacity)
    MicroSD yang satu ini adalah sebuah microSD yang memiliki ukuran kapasitas yang terbilang cukup mungil. MicroSD ini memanfaatkan sistem file FAT16. Ini ialah tipe SDcard termurah yang ada di pasaran.
  • SDHC (Secure Digital High Capacity)
    Memori jenis seperti ini merupakan kartu memori yang memiliki kapasitas dari mulai 4 GB sampai 32 GB dan memiliki bentuk format file FAT32. tipe microSD ini tidak akan cocok dengan smartphone yang belum mendukung perangkat berformat SDHC
  • SDXC (Secure Digital Extended Capacity)
    Kartu memori tipe terakhir ini merupakan memori yang memiliki kapasitas dari mulai 64 GB sampai dengan 2 TB dan menggunakan tipe format file exFAT. seperti halnya SDHC, perangkat yang belum mendukung microSD SDXC tidak akan mendeteksi microSD tersebut.

3. Perhatikan kebutuhanmu

Pertimbangan pertama dalam membeli microSD adalah apakah anda adalah seorang yang tidak suka mendownload berbagai macam hal, seperti misalnya cuma suka browsing, chatting, smsan, dll. jika iya maka microSD dengan ukuran 4 s/d 8 GB dirasa cukup untuk menunjang aktifitas smartphone kamu.

Jika anda suka menyimpan banyak lagu, mendownload berbagai game/aplikasi, sering memotret/memfoto dan lain-lain, maka idealnya menggunakan microSD dengan ukuran 16 GB.

Jika anda suka fotografi dan anda kerap merekam video dengan resolusi tinggi alias Full HD & suka menyimpan banyak film maka anda disarankan untuk menggunakan mcroSD berkapasisats minimal 32 atau 64 GB.

4. Merek Kartu Memori

Ketika anda ingin membeli sebuah kartu memori microSD, kamu harus mempertimbangkan dengan matang sebuah brand yang menjadi incaran anda dalam memilih microSD. Sebab, reputasi sebuah merek itu sangat penting untuk hal seperti ini. Kamu tidak mau microSD kamu menjadi error/korup hanya karena menggunakan sembarang merek bukan? untuk itu jika kamu mau beli microSD yang memiliki garansi & proteksi data, kamu bisa memilih beberapa brand seperti SanDisk , Samsung, dan Transcend.

5. Kecepatan MicroSD

Semakin cepat kecepatan MicroSD yang kamu gunakan, maka akan semakin cepat pula anda dapat mengelola semua file yang ada dalam MicroSD. Bila kamu adalah pengguna smartphone yang aktif memakai konten multimedia di smartphone, maka harusnya anda memilih microSD dengan kecepatan minimal MicroSD class 10.

kecepatan MicroSD juga ditentukan apakah jenis speed-nya UHS ataupun masih sebatas class. UHS adalah kepanjangan daripada Ultra High Speed, yang mana lebih cepat daripada microSD yang menggunakan class saja.

Tips: Untuk membedakannya, di permukaan slip memori kamu akan melihat huruf U dengan angka 1 atau 2 untuk yang UHS, sementara untuk yang type class akan nampak huruf C yang disertai angka class-nya.

6. Dukungan Sistem File

Sistem file yang paling direkomendasikan untuk sebuah kartu memori SD atau SDHC adalah FAT32. Jadi, jika kamu ingin menghubungkannya dengan komputer , maka ubahlah format microSD tersebut menjadi berformat FAT32.
Kelemahan dari FAT32 ialah memori ini tidak bisa mendukung sebuah file yang mempunyai ukuran lebih 4 GB dan kapasitas memori lebih dari 2 TB. Kalau mau lebih dari itu, maka kamu dapat memakai format file exFat yang terdapat dalam sistem file SDXC.

7. Perhatikan Fitur

Beberapa MicroSD dibekali fitur bawaan yang tidak dimiliki oleh MicroSD jenis lain. Seperti SanDisk yang menyediakan dukungan SanDisk Memory Zone beserta dukungan fitur Easy File Management, BackUp Protection, serta Fast Access. Selalu perhatikan fitur yang ditawarkan oleh MicroSD yang kamu beli.

8. Garansi

Terkadang beberapa kerusakan sering terjadi, biasanya karena kesalahan dalam memformat ataupun kerusakan yang terjadi secara alamiah. untuk itu biasanya provider pembuat microSD menawarkan garansi sebagai layanan aftersales dari pembelian microSD mereka. perlu kalian cermati bahwa tiap-tiap penyedia microSD memberikan garansi dengan waktu yang berbeda-beda. mulai dari 1 s/d 3 tahun, 1 s/d 5 tahun, bahkan garansi seumur hidup. dengan adanya garansi maka microSD kita jadi terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor yang tidak disengaja.

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai cara memilih microSD smartphone Android yang tepat untuk Anda. pilihlah berdasarkan kriteria yang telah disebutkan diatas, bila masih ada pertanyaan maka silahkan berkomentar dikolom yang telah disediakan.

Pranala:

https://jalantikus.com/gadgets/cara-memilih-micro-sd/

https://jalantikus.com/tips/cara-memilih-microsd-smartphone-android/

www.ilmu-android.com/2015/04/8-tips-memilih-microsd-berkualitas.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *