Langkah Optimasi Web dan SEO WordPress Lengkap

Posted on

WordPress untuk saat ini memang dianggap sebagai platform website yang sangat baik dan sangat mudah digunakan. Terlebih lagi sudah banyak penggunanya. hingga bulan November 2015 ini WordPress sudah digunakan oleh 25% dari jumlah seluruh website yang ada di internet.

Selain hal itu website – website yang memiliki platform WordPress di semua dunia diketahui mempublikasikan postingan setiap 17 detik. Diantara web – web tersebut banyak yang berjenis website bisnis, fakta itu tentu menunjukan bagaimana pentingnya WordPress sebagai layanan untuk konten dan artikel.

Kesederhanaan & kemudahan dalam integrasi dengan sosial media serta banyaknya tema-tema dan plugins adalah alasan utama banyak sekali yang menggunakan CMS WordPress.

Namun menggunakan WordPress tentu saja bukan hanya setelah di install lalu didiamkan tanpa perlu diatur. pemiliknya diharuskan untuk melakukan perawatan (maintenance) dan melakukan optimasi search engine, supaya website WordPress anda dapat berkerja maksimal dan mudah di cari di mesin pencari. ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya faktor-faktor dibawah ini:

1. Pilihan Tema Bawaan (Default Theme)

Terdapat beribu-ribu bahkan jutaan tema WordPress yang gratis maupun berbayar yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun website Anda. Akan tetapi, Anda perlu untuk berhati-hati dalam memilih themes yang baik untuk website – website Kamu.

Tema harus sesuai secara karakter anda atau bisnis anda dan tentunya harus bisa fleksibel sehingga anda bisa melakukan modifikasi pada tema tersebut supaya sesuai dengan keinginan anda.

2. Pemilihan Hosting

Hosting telah menjadi salah satu faktor utama yang penting dalam keberhasilan optimaliasi website Anda, yang mana hosting yang memiliki performa tangguh pasti akan membuat website/usaha Anda menjadi lancar.
Jika anda memiliki hosting dengan performa yang lambat dan sering down, segeralah menggantinya. kenali terlebih dahulu kebijakan hoting terkait SLA dan Uptime yang mereka miliki. usahakan mencari hosting yang memiliki aftersales yang baik dan Uptime 7 x 24 jam.

3. Pilih Plugin WordPress dengan Bijak

Ada banyak plugin yang ditawarkan oleh WordPress dalam menunjang mobilitas dan memperindah website yang anda miliki. akan tetapi perlu diketahui bahwa sangat tidak dianjurkan untuk memiliki banyak Plugin WordPress yang aktif secara simultan, karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi performa website yang kita miliki. sebisa mungkin gunakanlah plugin yang tersedia seperlunya agar kecepatan loading dari website yang dimiliki dapat terjaga.

4. Menyiapkan konfigurasi untuk WordPress

Setelah sukses menginstall CMS WordPress, maka Anda perlu melakukan berbagai pengaturan yang mendasar. Misalnya, Anda mesti memikirkan bagaimana mengelolah komentar, membetulkan deskripsi dari website yang anda miliki, dan mengatur letak menu yang anda inginkan, selain itu Anda juga butuh mengatur permalink serta pengaturan lain seperti pencegahan spam.

Lakukan konfigurasi dengan seperlunya sesuai dengan kehendak website yang Anda inginkan.

5. Optimasi Tampilan Mobile

Tampilan mobile pada Website anda juga diperlukan untuk memudahkan pengguna Smarphone dalam mengakses website yang anda miliki. untuk itu diperlukan tema WordPress yang mobile friendly agar memudahkan kustomisasi dari tampilan mobile yang diinginkan. cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memasang plugin AMP di WordPress yang anda miliki sehingga pengguna Smarphone lebih mudah dalam mengakses website anda.

6. Menambahkan Plugin Keamanan

WordPress yang tersedia sekarang sudah terbilang cukup aman , namun tentu Kamu juga perlu untuk menambahkan pengamanan-pengamanan lain di website Anda dengan menggunakan plugin.

7. Search Engine Optimization (SEO)

SEO sudah menjadi perbincangan dimana-mana, karena dengan mengusai tehnik SEO ini akan memudahkan website kita tampil di mesin pencari. Semua orang pasti ingin website nya muncul pada halaman pertama perangkat pencari Google. oleh karena itu berikut ini merupakan beberapa cara sederhana dalam meningkatkan SEO WordPress di website yang kita miliki:

Cara meningkatkan SEO WordPress

1. Instal Plugin SEO WordPress

Hal paling utama yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan SEO pada WordPress di website Anda adalah dengan menginstal plugin SEO agar lebih efisien dalam mengelola website. Hal itu memungkinkan Anda memiliki kontrol penuh untuk melaksanakan optimasi SEO website Kamu.
Anda dapat menggunakan plugin semisal Yoast SEO ataupun All In One SEO Pack. Tentu Anda tidak perlu memakai dua-duanya. Silakan pilih salah satu yang lebih Kamu sukai dan mudah menggunakannya.

Klik tautan berikut untuk melihat tutorial cara setting Yoast SEO serta cara setting All in One SEO Pack.

2. Melakukan Optimasi Permalink

Secara default, WordPress menghasilkan struktur permalink (URL) yang cukup panjang. Struktur default tersebut berupa tanggal serta nama URL. Contohnya seperti di bawah ini.

https://websitekamu.com/2017/08/10/judul-postingan

Permalink yang disukai oleh Google adalah permalink yang mengandung judul atau keyword. Kemudian, permalink yang lebih pendek akan memberikan performa yang lebih baik lagi. dalam menentukan permalink, disarankan agar Anda menggunakan Post Name. Cara ini akan membuat keyword lebih mudah terlihat ketika website Anda tampil di Google. contohnya seperti ini:

https://websitekamu.com/judul-postingan

Anda dapat mengubah permalink melalui dashboard WordPress. Silakan pilih menu Settings > Permalinks. Lalu Kemudian pilih radio button Post name dan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.
Ingat, apabila postingan Anda telah dipublikasikan & Anda melakukan perubahan permalink ketika postingan tersebut telah terlanjur Anda share di media sosial, bisa diperkirakan postingan tersebut nantinya tidak bisa diakses. Karenanya, pastikan untuk berbuat redirect URL postingan lama ke postingan secara permalink baru agar pengunjung tetap dapat berkunjung dengan mudah. Anda dapat mempergunakan plugin yang bernama Change Permalink Helper .

3. Melakukan Riset Kata Kunci

Kata kunci atau Keyword merupakan salah satu yang menjadi faktor pertimbangan mesin pencari dalam menentukan peringkat artikel dalam halaman hasil pencarian. Oleh karena itu, lakukanlah riset kata kunci yang Anda lakukan.

Pilihan tools seperti Ahrefs , SEMrush , dan Google Keyword Planner dapat Anda manfaatkan untuk riset serta menetapkan pilihan, menjadikan keyword yang tepat. Jika konten Anda menggunakan Bahasa Indonesia, kami sarankan Kamu untuk menggunakan Ahrefs / Google Keyword Planner.

4. Tentukan Kata Kunci Postingan

Hasil reset kata kunci perlu Anda letakkan di dalam Artikel. Keyword yang terfokus ini bakal membuat poin Anda gampang dipahami oleh pengunjung maupun sistem mesin pencari. Ini juga akan mempermudah Anda memenangkan persaingan dalam peringkat pertama pada halaman hasil pencarian.

Apabila baru pertama-tama membuat artikel untuk blog, kami menyarankan Anda untuk menggunakan plugin Yoast SEO. Plugin tersebut akan amat membantu mengarahkan Anda untuk memproduksi tulisan yang sempurna.
Sebagai contoh, kita menggunakan fokus keyword “SEO WordPress“. Plugin Yoast SEO ini akan menganalisa serta merekomendasikan saran yang butuh Anda dalam menulis artikel.

5. Tentukan Title Tag

Anda dapat menentukan title tag untuk postingan. Untuk memasukkannya, silakan masuk di kolom SEO title dari plugin Yoast SEO. Disarankan untuk meletakkan keyword di awal title tag. Serupa contoh, apabila keywordnya ialah SEO WordPress, Anda bisa memakai judul “SEO WordPress Mudah dengan 16 Langkah Optimasi“. Perhatikan baik-baik. Kami meletakkan keyword ‘SEO WordPress’ di dalam bagian awal title tag daripada prosedur optimasi ini.

Perlu diingat, untuk maksimal karakter title tag yang siap ditampilkan dalam hasil pencarian merupakan 65 karakter. Selain penggunaan SEO, title tag pula berpengaruh pada Click Through Rate, jadi buatlah yang menarik perhatian.
Kamu dapat melakukan percobaan secara A/B testing judul, untuk melihat mana judul yang mempunyai CTR tinggi. Untuk melakukannya bisa menggunakan bantuan plugin sebagaimana Title Experiments dan Nelio AB Testing .

6. Tentukan Meta Description

Kecuali title tag, meta deskripsi juga dapat mempengaruhi CTR. Semakin baik deskripsi yang optimal maka akan semakin tinggi pula CTR artikel yang dipublish. Sehingga hal ini akan membuat Ranking google menjadi tinggi, sebab semakin tinggi CTR bertambah besar kemungkinan website – website Anda tampil di dampak pencarian.

Untuk membuat deskripsi uraian dapat menggunakan plugin Yoast SEO,Silakan klik tombol Edit snippet kemudian masukkan penjelasan singkat. masukan deskripsi sesuai yang kamu inginkan. Untuk banyak kata maksimal sebanyak 156 karakter, nantinya deskripsi tersebut akan tampil di mesin pencari ketika diindeks oleh crawler.

Masukkan juga keyword pada meta deskripsi, diusahakan di bagian awal alinea jika memungkinkan. Misalnya, untuk keyword yang dibidik ialah “cara pindah hosting WordPress”, oleh sebab itu untuk meta deskripsi dibuat seperti berikut ini:

“Cara mudah pindah hosting WordPress dari CPanel lengkap dengan penjelasan serta gambar dan tutorial yang lengkap”

Dengan memasukkan keyword di dalam meta deskripsi, maka google akan memberi tanda bold untuk keyword pada hasil pencarian seperti yang terlihat. Hal ini akan meningkatkan CTR, karena tampak kian relevan dengan segala sesuatu yang dicari oleh pengunjung.

7. Gunakan Tag Header (H1, H2, H3)

Crawler Google akan melakukan ratifikasi di tag header HTML diantaranya H1, H2, H3 & seterusnya untuk mengukuhkan level kerelevan dari konten yang anda miliki. Umumnya pada sebuah artikel terdapat satu tag H1 dan beberapa tag H2 dan H3 di dalamnya.
Untuk tag H1 di dalam WordPress secara default terdapat pada judul tulisan serta pada tag ini harus mengandung keyword. Selain pada judul, keyword pula harus ada pada subjudul yaitu tag H2 atau H3, dapat berupa keyword ataupun variasi long tail keyword.
Tapi perlu diingat, konten yang Anda buat adalah untuk pengunjung, sehingga buatlah konten beserta kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca.

8. Alt Text di Gambar

Tag ALT digunakan untuk menentukan seberapa relevan antara gambar dengan konten yang ingin dibuat. Menambahkan tag Alt cukup penting dikerjakan di dalam pada setiap gambar yang diuplad di dalam web – web Anda.
Untuk menempatkan Alt tag pada WordPress pas mudah dilakukan, pilih foto di media kemudian klik logo pensil.
Setelah itu muncul pengaturan lanjutan, masukkan penjelasan dari gambar, usahakan untuk masukkan keyword dari konten Kamu, selama masih berhubungan antara gambar dengan konten.

9. Tambahkan internal link

Untuk meningkatkan SEO menjadi lebih baik, Anda juga perlu untuk menambahkan internal link di artikel yang anda buat. Internal Link itu berupa link yang mengarah ke artikel lain yang ada dalam website Anda.
Internal link otonom berguna untuk pengunjung organik yang membaca tulisan anda mendapatkan informasi lebih menyeluruh dari informasi yang ada didalam internal link, Selain hal tersebut dengan internal link dapa membuat informasi di website Anda jadi lebih terstruktur.

Direkomendasikan menempatkan 3 sampai 5 internal link dalam link dalam setiap artikel. Namun bila konten Anda memiliki penuh potensi untuk menambahkan internal link, maka anda dapat menambahkannya lebih banyak lagi.
Untuk mencampur internal link, silakan blok kata / kalimat, lalu klik ikon rantai dan ketikkan perintah kunci dari artikel tujuan, kemudian tekan enter.

10. Buat sitemap XML

Sitemap XML dapat memudahkan mesin pencari dalam melakukan index pada website Anda, untuk membuatnya Kamu dapat mengikuti tutorial cara membuat sitemap. cara membuat sitemap

11. Lakukan verifikasi Bing dan Google Webmaster

Silakan untuk dapat melakukan verifikasi website Anda ke Bing dan Google Webmaster, untuk melakukannya dapat mengikuti tutorial cara verifikasi WordPress di Bing Webmaster dan cara verifikasi Google Webmaster Tools.

12. Bangun Backlink

Saat ini, backlink merupakan unsur yang masih cukup penting dimiliki oleh sebuah web – web untuk dapat meningkatkan rangking sehingga mudah bersaing di hasil pencarian. Untuk membangun backlink, Anda disarankan dengan melakukan link building dari website yang memiliki rangking tinggi ke website Anda.
Ada beberapa cara untuk mendapatkan link langsung daripada artikel website orang unik, salah satunya secara menawarkan artikel Anda untuk di publish di website – website mereka. Pastikan disertai dengan link yang mengarah di artikel atau website Anda.

Cara lain adalah dengan melakukan blogwalking ke website-website dengan ranking yang tinggi dengan menyematkan link website anda didalam komentar, perlu diingat link tersebut haruslah link aktif yang dapat di klik.

13. Manfaatkan HTTPS

HTTPS dapat membuat SEO pada website wordpress anda menjadi lebih tinggi karena dinilai lebih baik oleh mesin pencari. HTTPS sendiri merupakan link yang menyatakan bahwa sambungan antara website dan end-user tersebut terjadi dengan enkripsi sehingga dapat menjamin keamanan dari pengguna dan penyedia layanan. untuk bisa mendapatkan HTTPS dapat dilakukan dengan melakukan penyetelan dengan SSL Manager. anda bisa mendapatkan SSL Certificate secara gratis dengan menginstall SSL Lets encrypt ataupun dengan menggunakan shared SSL Gratis dari fitur CDN Seperti Cloudflare.

Kesimpulan

Optimasi pada website yang menggunakan CMS WordPress sangat diperlukan untuk mempermudah akses dari pengunjung dalam membaca konten yang kita buat. selain itu dengan melakukan Optimasi WordPress dan SEO website kita juga memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk tampil dalam halaman utama mesin pencari seperti Google.

Ada baiknya untuk mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar agar website yang Anda miliki menjadi lebih baik lagi baik dari sisi optimasi WordPress maupun SEO yang dimiliki.

Pranala:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *