Cara menstabilkan internet GSM / BoltHome Unlimited

Posted on

Sesuai dengan judul diatas, tutorial yang saya jelaskan pada tulisan dibawah ini adalah cara untuk menstabilkan internet, bukan membebaskan internet dari pembatasan yang dilakukan oleh operator seperti misalnya BoltHome Unlimited.

Untuk masalah pembatasan BoltHome Unlimited hingga saat ini belum ditemukan solusinya, tetapi sebagian orang berpendapat bahwa jika menggunakan VPN/Tunnel secara tak langsung bisa mengunlock pembatasan dari pihak bolt, sayangnya cara tersebut belum sempat saya gunakan.

Cara menstabilkan koneksi internet GSM / BoltHome Unlimited.

  • Cara Pertama

Untuk menstabilkan koneksi internet biasanya ada beberapa cara yang dilakukan. Diantaranya adalah dengan melakukan pengecekkan terhadap Acess Point yang digunakan oleh Router yang kita miliki.

Jika kita tinggal di daerah yang memiliki banyak jaringan Wi-Fi, maka mengatur Channel dari Akses Point sangatlah diperlukan. Carilah frekuensi dari rentang 1 s/d 11 yang sangat cocok untuk rumah anda agar tidak ber interferensi dengan jaringan Wi-Fi yang lain.

Untuk cara mengatur Channel dari Router BoltHome milik kita adalah dengan melalui panel router yang dapat diakses melalui browser di 192.168.0.1 , pada bagian konfigurasi Wi-Fi kita bisa mengubah Channel/Frekuensi yang kita inginkan.

Cara agar kita dapat mengetahui Channel yang baik untuk Wi-Fi kita adalah dengan menggunakan WiFi Analyzer yang bisa diunduh melalui Playstore Android.

  • Cara kedua

Jika Wi-Fi kita tidak mengalami interferensi atau gangguan lainnya, cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengetesan PING secara berulang agar koneksi GSM yang terdapat dalam provider / internet BoltHome tidak mengalami Idle(Sinyal Bengong)

Cara melakukan PING secara berulang adalah dengan menginstal terminal emulator pada android dan ketikkan “ping google.com” didalam terminal android tersebut lalu tekan enter.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menggunakan terminal emulator, maka langkah yang dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Pinger yang tersedia di Playstore Android.

  • Cara ketiga

Cara ketiga merupakan cara yang sangat dianjurkan, yaitu mengubah DNS milik server provider / BoltHome dengan DNS milik google/Cloudflare (sangat dianjurkan menggunakan DNS milik Cloudflare)

Jika diandroid langkah pengeringannya sangat mudah, yaitu hubungkan WiFi ke Smartphone dan buka setelan WiFi tersebut di Smartphone. Nantinya terdapat pilihan untuk mengganti “setelan IP”

Rubahlah setelan IP yang tadinya dinamik menjadi Statik, dibagian DNS isikanlah menjadi seperti berikut:

1.1.1.1

1.0.0.1

Seperti pada gambar dibawah ini:

Cara ini menurut saya terbilang cukup ampuh dari 2 cara diatasnya, walaupun tidak berpengaruh secara signifikan akan tetapi penggantian DNS memiliki andil dalam kecepatan dalam transfer data ketika kita membuka website.

Makin cepat transfer data yang dilakukan maka akan semakin baik karena waktu yang dibutuhkan untuk membuka website menjadi semakin cepat.

Jika di PC, penggantian DNS dapat dilakukan dengan membuka pengaturan dari adaptor di Network, lalu buka Properties dari IPv4 untuk mengubah IP dinamik menjadi Statik yang kemudian dilakukan penyetingan DNS seperti langkah awal yang tadi.

Ketiga cara diatas tadi dapat berfungsi untuk segala jenis koneksi baik itu koneksi Broadband GSM ataupun koneksi dari BoltHome Unlimited karena memiliki mekanisme kerja yang sama.

Perlu diingatkan kembali bahwa cara ini bukan untuk membuka limitasi yang dilakukan oleh provider seperti BoltHome Unlimited, cara ini digunakan hanya untuk membuat kualitas internet menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *