Review MiBand 2, Gelang Pintar Multifungsi Xiaomi

Posted on

Tak hanya berjualan di sektor smartphone, kini Xiaomi mulai merambah ke dunia wearable devices dan elektronik lainnya.

Salah satunya adalah Xiaomi MiBand 2, gelang pintar yang serbaguna dan multifungsi. Gelang yang menjadi penerus dari Xiaomi MiBand 1 ini pernah digadang-gadang sebagai top brand penjualan disektor wearable device yang hampir mengalahkan Garmin dan fitbit milik google.

Xiaomi MiBand 2 ini memiliki desain layaknya gelang pada umumnya, akan tetapi berbeda dari generasi sebelumnya gelang ini memiliki LED yang bisa berguna dalam berbagai hal, misalnya: sebagai jam dan pengingat tanggal, notifikasi dari handphone, dan juga berfungsi sebagai alarm.

Yang menjadi fitur unggulan dari Xiaomi MiBand 2 ini adalah terdapatnya sensor detak jantung dibawah gelang yang bisa digunakan untuk mengukur detak jantung penggunanya.

Selain itu MiBand 2 juga bisa dibawa untuk tidur dan dapat mengkalkulasikan waktu tidur penggunaannya sehingga bisa memantau berapa lama kita tidur dalam sehari dan mengukur waktu yang optimal untuk kita tidur.

Semua itu dapat dipantau melalui aplikasi MiFit yang tersedia di Play store, didalam aplikasi ini banyak sekali fitur-fitur dalam menunjang penggunaan MiBand 2.

Seperti misalnya menyetel target aktivitas langkah yang bisa menjadi motivasi kita untuk terus berolahraga. Selain itu dengan aplikasi MiFit ini kita jadi bisa mengetahui berapa banyak langkah yang kita lakukan sambil menggunakan gelang MiBand 2 ini.

Untuk menunjang kegiatan Olahraga, MiBand 2 ini juga mendukung pemantauan ketika kita sedang berolahraga melalui aplikasi MiFit, diantaranya adalah Berlari, Treadmill, Bersepeda, dan jalan kaki.

Untuk menggunakan fitur olahraga ini diwajibkan untuk sambil membawa smartphone yang terhubung dengan MiBand 2 agar pemantauannya bisa lebih optimal.

Tetapi bukan berarti MiBand 2 ini harus selalu terhubung dengan smartphone, didalam MiBand 2 terdapat memori yang mampu menyimpan data baik dari pengukuran detak jantung maupun langkah kaki sampai dengan 2 Minggu lamanya.

Spesifikasi yang dimiliki oleh MiBand 2 juga terbilang mumpuni, diantaranya adalah:

  1. Layar OLED 0,42 inci Dimensi 40,3 x 15,7 x 10,5 mm
    Berat 19 gram
    Baterai 70mAh
    Bluetooth 4.0 Low Energy
    Sensor Heart-rate, Pedometer
    Panjang band 235 mm
    Tombol kapasitif
  2. Dimensi 40,3 x 15,7 x 10,5 mm
    Berat 19 gram
    Baterai 70mAh
    Bluetooth 4.0 Low Energy
    Sensor Heart-rate, Pedometer
    Panjang band 235 mm
    Tombol kapasitif

Yang perlu diperhatikan dari MiBand 2 adalah layar LED dan Batterynya. Usahakan untuk selalu melakukan pengecasan pada MiBand 2 tepat pada waktunya dan melindungi layar MiBand 2 menggunakan antigores. Jika MiBand 2 tidak dilindungi dengan antigores maka layar LED akan rentan terhadap goresan dari benda benda yang kasar dan tidak sengaja mengenai MiBand 2.

Ada juga beberapa kasus yang menyatakan bahwa MiBand 2 tidak bisa di charge setelah dalam keadaan baterai habis total, untuk itu agar selalu menjaga keadaan baterai tidak habis total agar tidak terjadi kerusakan.

Pada pertengahan tahun 2017 harga MiBand 2 ini sendiri dibanderoll diharga 500-600 ribu rupiah. Akan tetapi untuk harga saat ini jauh lebih murah yaitu berkisar diharga 400-500ribu rupiah.

MiBand ini sangat direkomendasikan karena selain kegunaannya yang multifungsi juga memberikan kesan yang stylish dan modis bagi penggunaanya.

Akan lebih bagus lagi jika membeli berbagai aksesoris dari MiBand 2 seperti strap dari MiBand 2 dengan berbagai aneka warna yang pastinya lucu dan menarik untuk dipandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *