Review Earphone Knowledge Zenith KQZ ZS 3

Posted on

Berawal dari mengikuti salah satu grup audio pada jejaring sosial Facebook. Saya pun mulai menikmati untuk mengkoleksi berbagai macam Earbud dan Iem serta audiophile peripheral lainnya.

Salah satu yang saya koleksi adalah IEM Knowledge Zenith KQZ ZS3 ini. Pada awalnya saya membaca review dari sesama pengguna audio tentang Earphone yang satu ini, kemudian saya pun tertarik untuk membelinya.

KQZ ZS3 ini saya beli pada awal tahun 2017. Pada waktu itu harganya berkisar direntang 120ribuan. Akan tetapi setelah saya cek kembali di toko online harganya naik menjadi 135ribuan.

Didalam paket pembelian terdapat unit dari Earphone KQZ ZS3 beserta kitab-kitabnya. Selain itu juga terdapat 3 eartips dengan ukuran S,M, dan L yang dapat disesuaikan dengan diameter lubang kuping anda.

KQZ ZS3 ini merupakan IEM dengan kabel yang bisa dilepas pasang. Perlu diperhatikan ketika memasang kabel ke IEM ini pertamakali adalah melihat dulu Urutan pemasangan Kabel dengan unit IEMnya.

Pasangkan kabel dengan tanda R ke IEM sebelah kanan yang bertuliskan “Right” dan kabel dengan tanda L ke IEM sebelah kiri yang bertuliskan “Left”.

KQZ ZS 3 ini dilengkapi dengan kabel yang memiliki memory wire sehingga bagian ujung kabelnya akan terasa kaku. Dalam pemasangan IEM ke kuping sendiri sangat berbeda dengan IEM pada umumnya, untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari gambar ini:

Selain itu yang menarik dari KQZ ZS3 adalah kabelnya yang bisa dimodifikasi sesuai selera, kamu bisa upgrade kabel ZS3 milikmu dari yang hitam menjadi putih yang telah menggunakan silver cooper sehingga bisa meningkatkan kualitas audio.

Jika bosan menggunakan IEM yang menggunakan kabel dan harus dicolok, KQZ juga menyediakan kabel dengan tipe wireless melalui bluetooth sehingga aktifitasmu menjadi lebih nyaman dalam mendengarkan musik.

Impresi Audio

Saya belum terbiasa memberikan impresi soal audio. Tetapi menurut saya KQZ ZS3 ini sangat recommended bagi mereka pecinta bass yang punchy. Lebih bagus dibandingkan dengan Earphone generic pada umunya. Jika dibandingkan dengan Xiaomi Piston 2 Housai Edition KQZ ZS3 sedikit lebih unggul dibagian bass-nya.

Masalah yang umum terjadi pada pengguna KQZ ZS3 adalah fitting dari IEM ke kuping yang bisa dibilang lumayan sulit dan juga ada beberapa orang yang telinganya kurang cocok dengan eartips dari KQZ ZS3.

Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengganti eartips bawaan dengan eartips merk lainnya. Selain bisa mengatasi masalah fitting, mengganti eartips juga dapat meningkatkan kualitas audio di beberapa sektor khususnya masalah noise canceling dan clarity.

KQZ ZS3 sangat price to perform untuk siapa saja yang baru mulai menggeluti hobi audio atau hanya sekedar menjadi earphone daily driver. tetapi perlu digaris bawahi bahwa ada beberapa keunggulan dan kelemahan yang mesti kamu pelajari supaya bisa lebih nyaman dalam memakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *