Pengertian Kelompok Ilmiah Remaja(KIR)

Posted on

Kelompok ilmiah remaja (KIR) adalah sekumpulan remaja yang menjalankan rangkaian kegiatan untuk menghasilkan suatu proses yang disebut karya ilmiah, karya ilmiah sendiri adalah suatu karya yang dihasilkan melalui cara berpikir yang runut dengan penalaran logis, sistematis, rasional, dan memiliki koherensi antar bagian-bagiannya.

Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) menjadi kelompok para remaja yang biasanya berada di jenjang pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama(SLTP), Sekolah Menengah Umum(SMU), Sekolah Menengah Kejuruaan(SMK) dan sederajat dan bahkan juga terdapat di jenjang yang lebih rendah atau seseorang yang bersekolah di sekolah formal/non-formal diusia 12 sampai 21 tahun.

Kelompok ini terbentuk karena didasarkan pada minatnya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang atas inisiatif dan prakarsa remaja sendiri. namun, dalam perkembangannya sering menjadi terintegrasi secara resmi dengan institusi sekolah.

Kelompok ilmiah remaja menjadi suatu wadah yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang berdasarkan kesamaan kepentingan dalam berkeinginan meningkatkan pengetahuan, kreativitas, dan berdisiplin serta berdaya juang untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini dan masa yang akan datang.

Pada kenyataannya kelompok ilmiah remaja sekarang ini lebih banyak tumbuh di tingkatan SLTP,SMA,SMK Madrasah, dan bahkan pondok pesantren sebagai kegiatan ekstrakurikuler maupun kegiatan yang sifatnya spontanitas atau sporadis.

Pembinaan kelompok ilmiah remaja ada berbagai macam di sekolah, diantaranya ada yang dirancang dan dikembangkan hanya sekedar untuk menambah wawasan pengetahuan anggotanya dan ada juga yang secara khusus program-programnya diorientasikan untuk menambah wawasan pembentukan kepribadian, juga ikut serta dalam berkompetisi rutin dalam LPKIR dan LKIR setiap tahun di tingkat nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *