Mengenal Organisasi-Organisasi di Dalam Kampus

Diposting pada

Di dalam dunia kemahasiswaan, Organisasi merupakan bagian yg tidak bisa dipisahkan.

Menurut penuturan para aktivis kampus,

“kuliah saja belum cukup untuk sebagai seseorang agent of change, perlu adanya penempaan kemampuan dalam berorganisasi”.

Organisasi kampus umumnya secara garis besar dibagi menjadi empat macam, yaitu :

  • Organisasi intra kampus
  • Organisasi ektra kampus
  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)/ Unit Kegiatan Khusus (UKK)
  • Komunitas

Seperti yang dilansir dari Wikipedia, Organisasi mahasiswa adalah organisasi yg beranggotakan mahasiswa dengan tujuan untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yg dilaksanakan didalam kegiatan kampus melalui kegiatan ekstra kurikuler.

Apa Pengertian Organisasi Kampus?

Apa sajakah perbedaan dari macam-macam organisasi kampus di atas ?

1.Organisasi Intra Kampus

Organisasi intra kampus mempunyai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) buat mengurus daerah kemahasiswaan dalam bidang legislasi dan eksekutif. Organisasi intra kampus didalamnya mencakup :

  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  • Senat Mahasiswa (SEMA)
  • Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
  • Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)
  • dan lainnya

2. Organisasi Ekstra Kampus

Organisasi ekstra kampus adalah organisasi mahasiswa yang wilayah kerja & geraknya berada diluar kampus. Organisasi ekstra kampus memiliki jaringan yang menyeluruh, tidak seperti intra kampus yang hanya bersifat lokal di dalam kampus.

Jenjang struktural organisasi banyak hingga pada wilayah nasional (Pengurus Besar Organisasi – umumnya pada jakarta). Organisasi ekstra kampus memiliki tugas melakukan pengkaderan buat nantinya kader tadi menyuarakan nilai idealisme gerakan organisasi. Organisasi ekstra kampus diantaranya : PMII, HMI, GMKI, PMKRI, IMM, KAMMI, GMNI, LMND, & lainnya

Meskipun organisasi ekstra kampus tidak mempunyai hubungan yang mengikat dengan struktur kampus, namun karena kiprah dan wilayah geraknya yg meliputi mahasiswa & kampus, maka penulis memasukan organisasi ekstra kampus pada tulisan ini.

3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) & Unit Kegiatan Khusus(UKK) merupakan organisasi yg mempunyai tugas pokok & fungsi dalam mengasah skill talenta & minat para mahasiswa. Perbedaan UKM dan UKK adalah jenjang struktur organisasinya. Apabila UKM jenjang strukturnya hanya pada level kampus, UKK mempunyai affiliasi struktur diluar kampus dengan skala nasional.

UKK meliputi : Pramuka, Koperasi, PMI, dan lainnya

4. Komunitas Kampus

Komunitas kampus adalah komunitas yg berada di dalam kampus. Komunitas ini berdiri dengan secara legal menggunakan adanya legalitas formal atau yang hanya bersifat perkumpulan saja. Komunitas kampus umumnya lebih bersifat kecenderungan minat, misalkan komunitas diskusi, komunitas menulis, & lainnya