Cara Menulis di Blog Untuk Meningkatkan Traffic Blog Kamu..!

Diposting pada

Menulis merupakan perkara wajib yang dilakukan oleh setiap blogger, sebab bukan blogger namanya jika tidak menulis artikelnya sendiri. tulisan yang dibuat pun bisa berbagai macam mulai dari Artikel, Tutorial, ataupun Review dari suatu produk.

Tetapi sebagian blogger pemula merasa bahwa, walaupun sudah banyak menulis artikel tetapi kok rasanya traffic pengunjung belum juga  berdatangan yahh..? .

Ya, semua kadang butuh proses dan waktu yang lumayan cukup lama. hal lain juga bisa mempengaruhi traffic blog kita seperti blog kompetitor, ataupun backlink dari website yang kamu miliki. seperti misalnya dalam studi kasus terdapat dua domain, yang satu menggunakan domain gTLD seperti .web.id dan yang satunya lagi menggunakan domain TLD seperti .net .

Jika dihadapkan dengan artikel dengan tema dan konten yang sama maka peluang website dengan domain .com berada di page 1 lebih besar dari website dengan domain .web.id  tersebut.

Terkadang hal hal teknis seperti itu juga mempengaruhi traffic blog kita, tetapi untuk saat ini saya hanya akan membahas peningkatan traffic blog dari sisi konten, yaitu artikel yang dibuatnya. untuk itu beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menulis konten di Blog-kamu adalah sebagai berikut:

  • Buatlah artikel yang sifatnya Long Term Article

Maksud dari artikel yang bersifat long term adalah artikel tersebut sifatnya selalu dicari oleh para pengguna internet, jika kita analogikan seperti ini: terdapat 2 artikel dengan judul sebagai berikut:

  1. “Penemuan Pusaka di Kali Ciliwung Menjadi Tontonan Masyarakat Sekitar”

2. “Kiat Membersihkan Layar Smartphone Android”

Dari 2 contoh judul artikel tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa artikel pertama merupakan artikel yang sifatnya hanya sementara atau insidensial semata, artikel tersebut lebih kepada artikel berita yang hanya dicari ketika waktu waktu tertentu. jika berita yang diwartakan sudah tidak menarik lagi maka traffic pun akan menurun sehingga tidak direkomendasikan menulis artikel blog seperti itu.

Sementara untuk artikel kedua sangat direkomendasikan karena artikel yang membahas tentang tutorial sangat dicari oleh para pengguna di internet, seperti misalnya layar smartphone Android yang kotor merupakan permasalahan sehari-hari bagi pengguna smartphone tersebut sehingga peluang pencarian artikelnya sangat tinggi, dan itu tidak bergantung dengan waktu/insidensial seperti dalam artikel pertama.

  • Selalu gunakan gambar disetiap artikel yang kamu tulis

Dengan menggunakan gambar akan menjadi nilai lebih dari artikel yang kamu buat, seminimal mungkin gunakanlah 1 gambar yaitu sebagai featured image dari artikel kamu.

Walaupun menggunakan gambar adalah hal yang positif, jangan terlalu banyak gambar juga dalam 1 artikel, maksimal gunakan 3-4 gambar, jika terlalu banyak gambar maka akan mempengaruhi pembaca karena membutuhkan loading yang lama untuk menampilkan gambar tersebut.

  • Gunakan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti

Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan pembaca dalam membaca artikel yang kamu buat, sebisa mungkin meminimalkan penggunaan singkatan yang tidak umum dan beri penjelasan terhadap suatu yang baru kamu tulis sehingga pembaca tidak dibuat bingung.

  • Permudah Pembaca dengan Artikel Yang Kamu Buat

Jika artikel yang kamu buat merupakan artikel lanjutan. maka sisipkanlah link dari artikel sebelumnya sehingga memudahkan pembaca mengakses artikel-artikel lain yang berhubunagn dengan artikel yang kamu buat.

Demikian tips yang bisa saya bagikan untuk menulis blog. selalu berpegang teguh bahwa traffic nantinya akan muncul sendiri ketika artikel yang kamu buat sudah lumayan banyak dan berguna buat pembaca.