Cara Impor dan Ekspor data SLiMS

Posted on

SLiMS atau yang lebih dikenal dengan sebutan Senayan library management system merupakan sebuah aplikasi yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP yang ditujukan kepada pustakawan untuk mengelola data perpustakaan.

Aplikasi ini sendiri sangat memudahkan pustakawan, karena dapat dengan mudah mengatur jumlah buku, anggota, dan membuat label atau kartu anggota.

Akan tetapi untuk mengisi data, baik data buku maupun data anggota secara manual dibutuhkan waktu yang lama. untuk mensiasati hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengimpor dan mengekspor data melalui fitur import dan export.

Dengan cara ini mengisi data akan menjadi lebih mudah dan waktu yang diperlukan menjadi lebih singkat. untuk bisa mengisi data dengan cara impor dan ekspor yang pertama kali harus dilakukan adalah mengimpor data terlebih dahulu melalui menu Import data.

Setelah mengimpor data maka anda akan ditujukan ke halaman download untuk mendownload data dalam bentuk csv.

Perlu diketahui, jika anda langsung mendownload file csv tersebut tanpa melakukan penyetingan awal maka jika dibuka hal tersebut ke dalam Microsoft Spreadsheet maka data CSV tersebut akan menyatu menjadi satu kolom.

Agar hal itu tidak terjadi maka sebelum mengimpor data pastikan terlebih dahulu preferensi data yang digunakan adalah memisahkan setiap data dengan semicolon(;) dan bukan koma (,) hal itu bertujuan agar Jika data CSV dibuka ke Microsoft Spreadsheet maka data-data tadi tidak menyatu dan akan terpisah berdasarkan kolom.

Jika sudah maka isilah data tersebut mengikuti format data sebelumnya yang telah terinput di dalam file CSV.

Jika semua data yang diperlukan sudah diinput maka kamu bisa menggunakan fitur ekspor data untuk memasukkan kembali data yang kamu isi secara manual ke dalam aplikasi SLiMS.

Pastikan sebelum kamu menginput data, referensi pemisahan data dirubah lagi ke dalam bentuk semicolon(;) dan bukan koma (,) agar data yang diinput menjadi terbaca oleh aplikasi SLiMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *