Manfaat tumbuhan bagi ekosistem

Posted on

Tumbuhan memiliki peran kunci bagi keberlangsungan makhluk hidup di bumi. tumbuhan adalah penyuplai utama oksigen dan makanan, banyak organisme yang bergantung secara langsung kepada tumbuhan.

berikut ini adalah beberapa peran utama yang dimiliki oleh tumbuhan dalam ekosistem:

Yang pertama tumbuhan berfungsi sebagai produsen dalam ekosistem. melalui fotosintesis tumbuhan menyediakan sumber makanan untuk kehidupannya sendiri dan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan dalam bentuk amilum atau pati yang dimanfaatkan oleh makhluk hidup.

dengan demikian tumbuhan menjadi sumber kehidupan utama bagi makhluk hidup lainnya karena energi yang berasal dari tumbuhan akan ditransfer kepada makhluk hidup lainnya melalui rantai makanan dan jaring-jaring makanan

Yang kedua tumbuhan mengendalikan daur biogeokimia. kemampuan fotosintesis tumbuhan menjadi kunci terus berlangsungnya daur beberapa senyawa kimia di bumi.

CO2 merupakan zat sisa metabolisme bagi makhluk hidup lain dan dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai sumber pembentuk senyawa organik.

Yang ketiga tumbuhan sebagai Perintis kehidupan. berbagai jenis tumbuhan seperti lumut merupakan vegetasi perintis yang mampu merubah struktur batuan ataupun Karang menjadi tanah yang subur. beberapa jenis tumbuhan juga menjadi organisme yang muncul paling awal ketika terjadi suksesi baik suksesi primer maupun suksesi sekunder

Yang ketiga tumbuhan menjadi penyedia habitat bagi makhluk hidup lain. tumbuhan baik dalam bentuk individu maupun hutan merupakan habitat utama bagi berbagai jenis organisme, sebagai habitat tumbuhan juga mempengaruhi kondisi bumi sehingga memungkinkan bagi kehidupan manusia

Yang terakhir tumbuhan mencegah terjadinya banjir tanah longsor dan penyedia cadangan air tanah. akar tumbuhan yang menembus sampai ke dalam tanah dan tajuk daun yang lebat mampu menahan derasnya aliran air sehingga dapat mencegah banjir air kemudian dapat terserap ke dalam tanah sehingga dapat menjadi cadangan air pada saat kemarau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *