Jaringan Ikat (Bagian,Susunan Matriks, dan Contohnya)

Jaringan ikat merupakan jaringan penyokong utama tubuh pada hewan dan manusia. sel-selnya berada dalam sejumlah besar matriks (bahan ekstraseluler) yang dieksresikan oleh sel-sel penyusunnya. selain berfungsi sebagai pembungkus dan pengikat berbagai organ tubuh. jaringan ini juga memiliki fungsi lain: yaitu melindungi tubuh dari serangan bakteri, menstabilkan suhu tubuh, mengisi rongga diantara organ-organ, dan memberi bentuk pada tubuh. jaringan ikat ini terbagi lagi berdasarkan struktur dan matriks penyusunnya.

  • Macam-macam Jaringan Ikat

  1. Jaringan Ikat Padat
    Disebut jaringan ikat padat karena struktur serat penyusunnya adalah kolagen yang padat. jaringan ikat ini meliputi jaringan ikat padat teratur(Kolaget tersusun teratur ke satu arah misalnya tendon) dan jaringan ikat padat tidak teratur.
  2. Jaringan Ikat Longgar
    Jaringan ikat longgar tersusun atas susunan serat-serat yang longgar, jaringan ini berfungsi sebagai penyokong, pengisi ruang di antara organ, dan menyediakan nutrien bagi elemen jaringan lain. misalnya adalah jaringan lemak dan jaringan di sekeliling kapiler darah.
  3. Jaringan Tulang Rawan (Kartilago)
    Tersusun atas sel-sel kondrosit dan matriks, kondrosit terletak didalam rongga kecil(lakuna). kartilago memiliki fungsi sebagai rangka tubuh baik pada awal embrio maupun pada saat dewasa. berdasarkan kandungan matriksnya tulang rawan terdiri atas tulang rawan hialin,tulang rawan elastis, dan tulang rawan fibrosa.
  4. Jaringan Tulang Sejati (Osteon)
    Jaringan Tulang Sejati tersusun atas sel-sel tulang (osteosit) dan matriks. Osteosit adalah sel yang berasal dari Osteoblas. Osteoblas sendiri adalah sel yang berasal dari fibrobalst dan ikut dalam pembentukan tulang. Osteosit saling berhubungan dengan kanalikuli. tulang sejati lebih keras dibandingkan dengan tulang rawan karena matriks pada Tulang Sejati mengandung serat Kolagen dan mineral seperti Ca, K, Ng, dan Na
  5. Jaringan Darah
    Jaringan darah matriksnya berupa cairan yang disebut dengan plasma darah. Darah sendiri termasuk dalam jaringan ikat khusus karena darah berasal dari jaringan mensekim. Darah meliputi eritrosit,leukosit,dan trombosit. Eritrosit (Sel darah merah) adalah sel yang memiliki bentuk seperti cakram(bikonkaf), tidak berinti, dan mengandung hemoglobin(Hb). Eritrosit berungsi sebagai transport zat dalam tubuh seperti sari makanan, hormon&enzim, serta pertukaran Udara (CO2&H2O)Leukosit (Sel darah putih) adalah sel yang berfungsi sebagai pembunuh bibit penyakit baik bakteri ataupun virus. serta memakan partikel asing yang masuk didalam tubuh.Trombosit (keping darah) adalah sel yang berfungsi dalam pembekuan darah.
  6. Jaringan Limfa
    Jaringan Limfa / getah bening adalah bagian darah yang keluar dari pembuluh darah. komponen utamanya berupa air, yang didalamnya terlarut glukosa, lemak, dan garam. Komponen selulernya berupa limfosit dan granulosit, dimana keduanya merupakan bagian dari sel darah putih.