BoltHome Unlimited, Informasi dan Testimoni Pelanggan.

Posted on

Dilansir dari bolt.id pihak provider Bolt! mengeluarkan layanan baru yang ditujukan untuk segmen pelanggan rumahan dan small office Yaitu BoltHome Unlimited. BoltHome sendiri merupakan layanan internet 4G LTE dari Bolt! dimana kita bisa internetan 4G LTE Sepuasnya dijaringan Bolt! dengan berlangganan Postpaid Unlimited BoltHome.

Disitusnya sendiri Bolt! menjelaskan bahwa

Bolthome adalah layanan Internet Unlimited tanpa batas untuk internetan di rumah yang menawarkan 2 pilihan perangkat dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi rumah anda

Ada dua pilihan Perangkat yang diberikan oleh pihak Bolt! ketika ingin mengajukan pemasangan BoltHome yaitu Perangkat Indoor dan Perangkat Outdoor. perangkat Indoor ini berupa Router yang memiliki slot sim-card sehingga dapat langsung internetan melalui router tersebut. sedangkan perangkat Outdoor memiliki 2 Perangkat yang difungsikan sebagai Modem(CPE) dan ditempatkan diluar rumah, yang nantinya akan disambungkan ke perangkat satunya yang berfungsi sebagai router menyebarkan internet.

BoltHome sendiri memiliki beberapa jenis paket internet yang disesuaikan dengan kebutuhan usernya, paket tersebut meliputi:

  1. 8Mbps(Upto 8Mbps) yang dihargai Rp.249.000*
  2. 13Mbps(Upto 13Mbps) yang dihargai Rp.349.000*
  3. 19Mbps(Upto 19Mbps) yang dihargai Rp.499.000*
  4. 50Mbps(Upto 50Mbps) yang dihargai Rp.899.000*

*Harga yang tertera termasuk dengan penyewaan perangkat Modem & Router

Selain itu, BoltHome juga menyediakan pemasangan internet disertai bundling dengan TV Kabel dengan menambah biaya sekitar Rp.100.000 perbulannya.

  • Testimoni Pribadi

Sebagai pengguna, awalnya saya tertarik untuk berlangganan paket internet Bolt! Unlimited karena harga yang ditawarkan cukup murah dibanding kompetitor lainnya, terlebih di Sekitar rumah saya masih jarang Tiang untuk provider internet maupun Jalur Fiber-Optic karena tinggal di wilayah pemukiman yang padat dan rapat.

Saya pun mengambil paket termurah yang ditawarkan oleh Bolt! yaitu paket BoltHome Upto 8Mbps dan memilih menggunakan Perangkat Outdoor karena lokasi rumah yang dirasa kurang untuk penerimaan sinyal karena banyak terdapat bangunan yang tinggi.

Pemasangan pun dilakukan setelah ditelepon oleh Customer Service Bolt! yang melakukan verifikasi data calon pelangganya. Untuk BoltHome dengan tipe perangkat Outdoor ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu tempat untuk meletakan modem outdoornya(CPE) dan kemudahan untuk menyambungkannya nanti melalui kabel Rj45 ke router.

Modem yang nantinya akan diletakkan diluar itu oleh teknisi akan dipasang ke tiang khusus yang dibawa oleh mereka. nantinya tiang tersebut akan ditempel dibangunan rumah dengan cara di bor. untuk itu pastikan tempat untuk meletakkan modem BoltHome tersebut bebas dari gangguan sinyal apapun, karena akan susah bongkar pasang modem ini untuk mencari sinyal yang baik. berbeda dengan modem indoor semacam Helios yang bisa dipindah pindah.

Setelah pemasangan selesai dan telah diujicoba oleh teknisi, maka seharusnya kita sudah bisa menggunakan BoltHome Unlimited tersebut.

  • Testimoni Konektivitas

Untuk konektivitas, pada awal pemasangan dan uji coba pertama. saya mendapatkan angka menyentuh 8Mbps bahkan bisa lebih sedikit di aplikasi pengukur kecepatan internet. lalu saya coba gunakan untun mendownload beberapa File ISO dari Sistem Operasi seperti Windows dan Linux Os, hasilnya lumayan memuaskan stabil di angka 900kb/s+ .

Tetapi beberapa bulan terakhir banyak yang menyayangkan kenapa akhir-akhir ini kecepatan internet dari BoltHome Unlimited menjadi Menurun di waktu-waktu tertentu. saya sendiripun juga merasakan hal yang serupa. jika sedang diwaktu-waktu jam sibuk (09.00-14.00) kecepatan internet turun menjadi stabil diangka 4Mbps, Memang betul tidak ada yang salah. toh 4Mbps itu juga bagian dari Upto 8Mbps juga seperti yang dijanjikan. tapi yang menjadi soal mengapa bisa terjadi serentak oleh banyak user BoltHome Unlimited diwaktu yang bersamaan ? hal ini yang menjadi pertanyaan para pelangan postpaid BoltHome Unlimited, apakah BoltHome Unlimited masih menjadi “Layanan internet tanpa batas” seperti yang dijanjikan.

pengguna yang menyayangkan kebijakan limit bolt

Terkait masalah ini sudah ada beberapa pengguna yang menanyakan perihal tersebut, tetapi customer service Bolt! menjawab dengan alasan yang hampir seragam, seperti Optimalisasi Jaringan  ataupun ada ganguan teknis di wilayah anda dan segera diperbaiki. hal itu yang kadang membuat beberapa pengguna menjadi gusar dan mempertanyakan itikad baik dari pihak Bolt! untuk masalah tersebut.

Bagi saya pribadi pembatasan yang dilakukan oleh Bolt! tidak menjadi soal karena saya tidak terlalu mempedulikan kecepatan internet. penggunaan internet saya hanya untuk kegiatan browsing ataupun menonton youtube. dan jika sudah larut malam akan otomatis Mendownload. tetapi bagi beberapa pengguna hal ini merupakan perkara yang sangat berpengaruh, karena menyangkut dengan transparansi pihak Bolt! kepada Konsumen dan menurut mereka ada beberapa point yang dilanggar oleh pihak Bolt! terkait dengan UU Perlindungan Konsumen.

  • Pelayanan Aftersales/Customer Service

Menurut saya, pelayanan Customer Service yang diberikan oleh Bolt! lumayan cukup banyak channelnya dibandingkan dengan kompetitor lain. Bolt! memiliki kanal Customer Service di Halaman Fanspage Facebooknya, di Twitter, dan juga di Instagram. walaupun kita punya banyak cara untuk mengontak Customer Service. tetapi tetap saja pelayanan yang diberikan terkesan buruk atau seadannya. Jawaban yang diberikan terkesan Terstruktur dan sudah diproseduralkan. hal itu yang membuat jawaban atas pertanyaan para pelanggan terlihat seragam walaupun keluhannya berbeda tiap daerah. selain itu jawaban yang diberikan oleh customer service sangat mendasar dan tidak bisa memberi kepuasan atas pertanyaan dari pelanggan.

  • Analisa singkat mengapa bisa terjadi pembatasan kecepatan internet BoltHome Unlimited

Menurut pendapat saya, alasan yang sangat logis sehingga bisa terjadi pembatasan kecepatan dalah terlalu banyaknya pengguna BoltHome Unlimited diwilayah tersebut. seperti yang kita ketahui bahwa pada prinsipnya BoltHome Unlimited ini menggunakan kartu sim sebagai media untuk menyambungkan internet ke perangkat modem & router kita. sementara disatu sisi kelemahan dari penggunaan SIM-Card adalah terbatasnya jumlah pengguna dalam satu BTS, jika misalkan 1 BTS hanya dapat menampung -+64 Pengguna secara simultan, dan jika semua user tersebut diberi dengan bandwith kecepatan yang sama(tanpa batasan) maka Umur dari BTS tersebut tidak akan lama karena setiap hari selalu overload untuk mengirim&menerima data digital.

Terlebih kita ketahui sendiri bahwa penggunaan BoltHome tersebut layaknya Internet Kabel pada umumnya yang selalu terkoneksi setiap hari. maka dengan bertambahnya jumlah pengguna BoltHome akan semakin memperbanyak jumlah user yang menggunakan internet secara simultan. berbeda dengan pemakaian bolt! home Regular yang bisa berhenti jika kehabisan kuota.

Untuk mensiasati hal tersebut, menurut saya cara yang digunakan adalah dengan membatasi bandwith dari tiap user yang memakai internet secara simultan, hal itu akan menurunkan beban kerja BTS setiap harinya, makanya penggunaan internet kita seperti dilimit, ada kemungkinan diberlakukan pergantian shift sehingga pemakaian BTS nya tidak berebutan & Overload. hal itu juga yang menjadi dasar kenapa Bolt! mengeluarkan Paket Prioritas. yang berarti pengguna paket tersebut tidak akan terpengaruh dari pembagian “shift”(limit) tersebut.

Jika para pembaca sekalian memiliki testimoni yang sama ataupun berbeda, jangan sungkan untuk memberi pendapatnya dikolom komentar. saya akan semampunya memasukkan update terbaru terkait layanan BoltHome Unlimited tersebut.

atau bisa juga untuk saling menulis review sambil reblogging di blog masing-masing dengan mencantumkan link artikel ini sebagai pranala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *