Mengenal Algoritma dan Sejarahnya

Dalam beberapa literatur, dijumpai ada beberapa definisi yang mendefinisikan apa itu algoritma, diantaranya adalah:

  • Algoritma adalah deretan langkah-langkah komputasi yang mentransformasikan data masukan menjadi luaran.(COR90).
  • Algoritma adalahderetan instruksi yang jelas untuk memecahkan persoalan, yaitu untuk memperoleh luaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas.(LEV03).

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan.

mungkin hal ini akan terkesan simpel, apalagi untuk persoalan-persoalan dengan jumlah yang kecil, kita dapat menemukan solusinya dengan mudah dan cepat. contohnya adalah mengurutkan 10 buah bilangan dari kecil ke terbesar dimulai dari angka satu, pasti tidak ada kesulitan bukan ? sekarang bagaimana jika jumlah yang dihitung merupakan bilangan yang besar atau kompleks, misalnya mengurutkan nilai dari deret berpangkat dengan pangkat n adalah sigma dari n=1000 ?

jelas tidak mudah mengurutkan data sebanyak itu dan kita memerlukan bantuan sebuah mesin(misalnya kalkulator/komputer) untuk melakukannya. nah agar dapat dihitung oleh mesin tersebut kita memerlukan input untuk mengoprasikan bagaimana soal tersebut akan diselesaikan, mesin tersebut nantinya akan menjalankan prosedur pengurutan dari input tersebut dan memberikan hasil berupa jawaban dari persoalan diatas. kita katakanlah langkah-langkah mengurutkannya itu sebagai penyelesaian atau pemecahan masalah(problem solving). dari situ dapat kita ketahui bahwa prosedur yang berisi langkah-langkah persoalan tersebut disebut dengan algoritma

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita banyak menemukan algoritma. contohnya adalah resep untuk membuat makanan, panduan praktikum, cara berkebun, cara merakit mainan, dan sebagainya.

  • Sejarah Algoritma

Algoritma merupakan bagian terpenting dalam ilmu komputer atau informatika. banyak cabang dari ilmu komputer yang menjadikan algoritma sebagai acuannya, misalnya algoritma perutean(routing) pesan di dalam jaringan komputer, algoritma Brensenham untuk menggambar garis lurus (bidang grafika komputer) dan algoritma Knuth-Morris-Pratt untuk mencari suatu pola di dalam teks, dan lain sebagainya.

ditinjau secara bahasa, kata “algoritma” mempunyai sejarah yang menarik. kata ini merujuk pada kata algorism yang artinya “proses menghitung dengan angka Arab” perlu diketahui bahwa angka “1,2,3,4,..” adalah angka-angka Arab, sedangkan “I,II,III,IV,..” adalah angka Romawi.

para ahli bahasa berupaya menemukan asal muasal dari kata algorism ini namun hasilnya kurang lengkap, hingga akhirnya ahli sejarah matematika menemukan asal mula kata tersebut. kata Algorism bersal dari nama penulis buku Arab yang terkenal, yaitu Abu Ja’Far Muhammad Ibnu Musa al-Khuwarizmi (al-Khuwarizmi dibaca oleh orang barat sebagai algorism”. al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul kitab Al-Jabar walmuqabala, yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan”. dari judul buku tersebut itulah kita mengenal kata “aljabar”(algebra).