Cara Mendaftar KTP-Elektronik di Kelurahan.

Bagi setiap warga negara, KTP merupakan hal yang terpenting. khususnya jika kamu telah berusia 17 tahun menurut undang-undang, pasalnya KTP dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti pembuatan SIM,Rekening Bank,Pemilu/Pemilukada, Ataupun Verifikasi yang membutuhkan KTP.

jika kamu masih bingung bagaimana cara membuat/mengajukan KTP-Elektronik secara mandiri berarti kamu menemukan artikel yang tepat.

Untuk membuat pengajuan KTP-Elektronik ada beberapa prasyarat yang harus kamu penuhi, yaitu:

  1. Kamu telah Berusia 17 Tahun
  2. Memiliki Kartu Keluarga
  3. Kartu Keluarga Terdaftar di Kelurahan yang akan diajukkan pembuatan KTP-El

Jika kamu telah memenuhi persyaratan tersebut, maka kita bisa melanjutkan ke tahap pembuatan KTP-El

  • Prosedur Pendaftaran E-KTP

Yang pertama kamu lakukan adalah menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan, diantaranya adalah:

  1. Fotocopy Kartu Keluarga
  2. Fotocopy Akta Kelahiran
  3. Fotocopy Ijazah Sekolah Terakhir(Jika sewaktu-waktu diminta)

Jika telah melengkapi persyaratan tersebut, kamu bisa langsung menemui Ketua RT Setempat yang berada dilingkungan wilayahmu. kamu bisa langsung menemuinya ataupun membuat janji terlebih dahulu agar tidak harus bulak-balik karena Ketua RT-nya tidak sedang dirumah. usahakan untuk menemuinya di hari-hari kerja(Senin-Jum’at) apabila Ketua RT bukan pekerja kantoran, jika ketua RT adalah pekerja kantoran bisa menemuinya di hari libur, seperti hari sabtu dan minggu(Usahakan datang diwaktu Pagi hari atau Sore hari agar tidak mengganggu aktivitas beliau.)

Setelah kamu menemui ketua RT, beritahu maksud tujuanmu adalah untuk mendaftarkan KTP-El Baru. nantinya kamu akan diberikan blanko surat pengantar untuk mendaftarkan KTP-El. Isilah blanko tersebut sesuai dengan identitas diri kamu yang tertera di Kartu Keluarga seperti misalnya Nomor Induk Kependudukan, Nomor Kartu Keluarga, dan Tempat Tanggal Lahir. jangan lupa berikan tanda tanganmu juga apabila diperlukan didalam blanko nya.

Setelah mengisi blanko surat pengantar, nantinya Ketua RT akan membubuhkan tanda tangan dan cap Stempel Ketua RT, Surat pengantar itu yang dibutuhkan untuk mendaftar KTP-El. untuk selanjutnya kamu bisa langsung menemui ketua RW setempat. jika kamu tidak mengetahui siapa ketua RW ditempatmu kamu bisa bertanya ke Ketua RT.

Jika sudah ketemu, beritahu maksud tujuanmu ke Ketua RW adalah untuk mendaftarkan KTP-El Baru. disini kamu tidak perlu mengisi formulir lagi karena sudah di surat pengantar yang tadi, nantinya ketua RW hanya membubuhkan tanda tangan dan cap stempel ketua RW. hingga di tahap ini kamu hampir menyelesaikan proses pembuatan KTP

Jika kolom-kolom di surat pengantar telah terisi dan sudah dibubuhkan cap serta tanda tangan dari ketua RT&RW, tahap selanjutnya adalah mendaftar ke Kelurahan setempat. pada tahap ini kamu bisa langsung menemui petugas kelurahan di Loket, dan beritahu petugas tersebut bahwa kamu ingin mendaftarkan KTP-El baru.

Nantinya petugas akan menanyakan kelengkapan dari persyaratanmu yaitu Surat Pengantar, Fotocopy Kartu Keluarga, dan Fotocopy Ijazah Terakhir. berikan semua persyaratan tersebut dan kamu akan dipersilahkan untuk menunggu. yang dilakukan selanjutnya adalah perekaman data KTP-El , Perekaman tersebut meliputi perekaman Iris Mata, Sidik Jari,dan Tanda tangan. disini pula kamu akan difoto yang nantinya foto tersebut akan digunakan di kartu KTP-El

Setelah menyelesaikan perekaman, jangan langsung pulang dulu. yang kamu perlukan adalah bukti perekaman yang berupa Surat Keterangan Pengganti KTP-El. kamu bisa minta kepada petugas di kelurahan dan nantinya akan diberikan surat tersebut, surat ini nantinya akan jadi bukti bahwa kamu telah melakukan perekaman KTP-Elektronik dan bisa digunakan sebagai KTP Sementara sampai nantinya KTP Fisik mu telah jadi. biasanya KTP Fisik baru akan jadi setelah 1-5 Bulan, untuk itu maka rajin-rajinlah menannyakan perihal KTP mu ke kelurahan.