Perbedaan Pembangunan Ekonomi dengan Pertumbuhan Ekonomi

Istilah pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi sangat berkaitan dengan perkembangan ekonomi walaupun dengan konteks yang berbeda. keduanya berperan dalam mewujudkan kemajuan suatu negara. banyak orang keliru menerjemahkan pengertian tersebut karena memang terlihat mirip antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Pertumbuhan digunakan sebagai suatu ungkapan umum yang menggambarkan tingkat perkembangan suatu negara yang diukur melalui presentase pertambahan pendapatan nasional riil (Sadono Sukirno: 2012). Pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti dengan perubahan dalam struktur dan corak dalam kegiatan ekonomi. perbedaanya dalam pembangunan ekonomi tingkat pendapatan per kapita terus meningkat, sedangkan pertumbuhan ekonomi belum tentu diikuti dengan kenaikan pendapatan per kapita.

perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi secara perhitungan juga berbeda. melai perhitungan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, kamu akan melihat jelas perbedaan antara keduanya.

Indikator yang digunakan untuk menghitung pertumbuhan ekonomi adalah dengan mengurangi antara jumlah pendapatan nasional tahun yang akan dihitung dengan jumlah pendapatan nasional tahun sebelumnya lalu dibagi dengan jumlah pendapatan nasional tahun sebelumnya, hasilnya akan menunjukkan tingkat pertumbuhan ekonomi yang dinyatakan dalam prosen

Sementara Indikator yang digunakan untuk menghitung pembangunan ekonomi adalah dengan menganalisa pembangunan di semua lini seperti pembangunan infrastruktur, perubahan arus konsumsi masyarakat, arus perputaran uang dan sebagainya, sehingga hasil yang didapat dari menghitung pembangunan ekonomi bukanlah berupa angka-angka melainkan analisis data.