Pengaruh Masuknya Kebudayan Hindu-Budha di Indonesia

Diposting pada

Agama Hindu & Budha yang masuk ke Indonesia pada zaman dahulu kala memberikan ragam tersendiri bagi kebudayaan pada saat itu, hal itu mempengaruhi beberapa hal yang sangat penting bagi kehidupan, diantaranya adalah:

  • Politik

Pengaruh kebudayaan Hindu-Budha dalam bidang politik adalah perbedaan sistem kekuasaan pemerintahan dimana sebelum masuknya kebidayaan Hindu-Budha masyarakat di Nusantara masih menganut prinsip suku dengan memilih kepala suku atau bisa disebut dengan prinsip Primus Interpares. Ketika kebudayaan Hindu-Budha masuk sistem kekuasaanya berubah menjadi monarki(kerajaan)  dimana kepala raja dipilih berdasarkan keturunan raja(diwariskan turun temurun).

  • Ekonomi

Di bidang ekonomi, kebudayaan Hindu-Budha sangat menonjol dalam mempengaruhi 3 aspek yaitu perdagangan, transportasi, dan sistem penguasaan tanah.

  1. Perdagangan dan Transportasi

    pengaruh kebudayaan Hindu-Budha dalam bidang perdagangan dan transportasi adalah lebih moderennya alat transportasi laut,  pada mulannya masyarakat nusantara mengandalkan kapal bercadik berukuran kecil dengan jangkauan pelayaran yang terbatas, kemudian sejak kerajaan-kerajaan berdiri teknologi pelayaran khususnya pembuatan perahu mulai berkembang. Masyarakat di Nusantara mulai bisa membuat kapal-kapal yang besar dengan jangkauan yang luas bahkan bisa sampai melewati benua. Hal itu sangat mempengaruhi ekspansi masyatakat di Nusantara dalam melakukan perdagangan.

  2. Sistem Penguasaan Tanah

    Kerajaan memegang hak penuh atas tanah wilayahnya,  berbeda ketika Nusantara belum dipengaruhi kebudayaan Hindu-Budha. Kepemilikan tanah tidak terlalu dipedulikan karena tiap-tiap suku mengelompokkan anggotanya sebagai pembuat makanan, sementara ketika zaman kerajaan tanah adalah hak penuh kepala raja dan rakyat diperlakukan sebagai peminjam atau disebut hak anggaduh.

  • Sosial

Sebelum pengaruh kebudayaan Hindu-Budha, masyarakat Nusantara menganut kepercayaan Animisme dan Dinamisme yang juga merupakan kepercayaan nenek moyang terdahulu.  ketika pengaruh Hindu-Budha masuk kepercayaan Agama Hindu dan Budha mulai masuk secara bertahap dan indonesia mengalami Akulturasi dalam segala hal,  menurut kepercayaan tersebut manusia menganggap seluruh umat manusia sama derajatnya dan akan mencapai nirwana asal baik budi pekertinya dan berjasa terhadap masyarakat luas. Akan tetapi pada praktiknya terjadi kesenjangan seperti perbedaan kasta sosial antara Brahmana, Ksatria, Waisya, Sudra, dll.

  • Budaya

Pengaruh masuknya  pengaruh Hindu-Budha dalam bidang budaya terbagi dalam tiga aspek yaitu:

  1. Arsitektur

    yang dipengaruhi kebudayaan Hindu-Budha adalah bangunan berupa candi/pura dan alat kebudayaan yang bercorak Hindu-Budha

  2. Bahasa dan Aksara

    pengaruh kebudayaan Hindu-Budha adalah bahasa sanskerta dan huruf palawa, kemudian dilanjutkan dengan aksara jawa kuna

  3. Sastra

    Sastra akibat pengaruh kebudayaan Hindu-Budha adalah Arjuna Wiwaha karangan Mpu Kanwa, Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, dan Kitab Negarakertagama karangan Mpu Prapanca.