Pembagian Zaman Geologis di Indonesia

Zaman Geologis adalah zaman dimana merupakan awal dari pembentukan bumi, zaman geologis dibagi dalam beberapa babak yaitu:

  • Zaman Arkhaizoikum

Merupakan zaman dimana bumi masih berbentuk kerak bumi yang akhirnya menciptakan daratan benua(pangea) dan lautan. Pada zaman ini masih belum ditemukannya makhluk hidup.

  • Zaman Paleozoikum

Merupakan zaman dimana bumi sudah mulai dingin dan stabil. Hujan sudah mulai jatuh ke daratan, pada zaman ini mulai terbentuk organisme bersel satu dan bakteri.

  • Zaman Mesozoikum

Pada zaman mesozoikum adalah zaman dimana bumi bagian daratan sudah dapat dihuni makhluk hidup, mulai muncul tumbuh-tumbuhan di daratan benua. Pada zaman ini mulai muncul jenis-jenis dinosaurus, pada zaman ini pula terjadi peristiwa kepunahan Perm. Trias(Great Dying)  yang memusnahkan 96% spesies lautan di bumi dan 70% spesies daratan di bumi. Serta memusnahkan sebagian dinosaurus yang hidup pada zaman itu.

  • Neozoikum

Pada zaman ini bumi sudah dalam bentuk yang stabil dan lempengan bumi sudah tidak bergeser lagi.  Di zaman ini mulai ditemukan bukti kehidupan manusia pertama.